Wisata Kedung Bendo Yogyakarta

Kedung Bendo Yogyakarta, Kedung Alami di Kabupaten Kulon Progo

Sekilas Mengenai Kedung Bendo Kulon Progo

Daerah Istimewa Yogyakarta sangat terkenal dengan wisata alamnya termasuk dengan wisata air. Terdapat banyak deretan pantai namun tidak sedikit juga air terjun yang berada di D.I. Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan saat ingin berwisata air. Di Kabupaten Kulon Progo terdapat air terjun yang diberi nama Kedung Bendo.

Paket Wisata Jogja ke Kedung Bendo adalah salah satu dari sekian banyak air terjun yang berada di kabupaten tersebut. Kedung Bendo menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang pada saat hari biasa maupun hari libur. Bagi penyuka wisata air terutama air terjun bisa mengunjungi tempat wisata ini. Objek wisata Kedung Bendo memiliki keindahan alam yang masih asri, karena lokasinya yang berada di pedesaan.

Kedung Bendo Kulon Progo
Kedung Bendo Kulon Progo

Lokasi Kedung Bendo ini masih alami dan jauh dari polusi. Wisatawan yang datang berkunjung dapat bermain air dan berenang. Kedung Bendo ini memiliki kedalam sekitar 2,5 m, sehingga bagi yang ingin berenang memang harus mahir dan tetap waspada, apalagi tidak banyak petugas di lokasi wisata ini. Di lokasi tersebut juga bisa melakukan aktifitas memanjang tebing dinding air terjun. Namun harus tetap berhati-hati dan dalam pengawasan, karena dinding air terjun yang licin.

Jika telah berkunjung ke Kedung Bendo dan masih belum puas bermain, wisatawan bisa mengunjungi Curug Glimpang atau Kedung Ratmi yang masih berada di sekitar lokasi. Ada juga Curug Gandu yang berada di bawah Kedung Bendo, bentuknya mirip dengan Kedung Bendo namun dengan kolam yang lebih sempit. Bentuknya mirip Kedung Bendo, tetapi kolamnya tidak begitu luas.

Objek Wisata Kedung Bendo masih tergolong lokasi wisata yang baru, belum banyak fasilitas yang tersedia. Namun beberapa fasilitas yang bersifat umum sudah dibangun, sepeti tempat parkir, mushola, kamar mandi, dan gazebo-gazebo untuk beristirahat. Bagi yang ingin berkunjung ke Kedung Bendo disarankan untuk datang pada saat musim penghujan, wisatawan akan bisa melihat derasnya debit air di Air Terjun Kedung Bendo.

Lokasi Kedung Bendo Kulon Progo

Objek Wisata Kedung Bendo di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Desa Purwosari. Di lokasi Kedung Bendo, terdapat juga 3 destinasi wisata lainya, yaitu Curug Glimpang, Kedung Ratmi dan Curug Gandu. Bagi wisatawan yang memiliki waktu luang dapat berkunjung ke tiga destinasi lainnya saat berkunjung ke Kedung Bendo. Selain itu lokasi wisata ini juga ternyata dekat dengan lokasi Goa Kiskendo, Curug Setawing dan Goa Kidang Kencana. Karena lokasinya yang masih alami, wisatawan yang berkunjung dihimbau untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Tiket Masuk Kedung Bendo
Tiket Masuk Kedung Bendo

Rute Menuju Kedung Bendo Kulon Progo

Untuk wisatawan yang tour jogja berasal dari Kota Yogyakarta harus menempuh jarak 34,2 km dengan memerlukan waktu tempuh 60-120 menit untuk mencapai lokasi Kedung Bendo. Dari Jalan Malioboro, wisatawan harus mengemudi ke Jalan Godean dan menuju Jalan Nanggulan, Giri Mulyo melalu Jalan Wates dan Jalan Raya Jogja-Purworejo. Sesampainya di Jalan Nanggulan, wisatawan harus berhati-hati dalam membawa kendaraan karena akses jalan yang berupa tanjakan, kurang lebih dalam waktu 10 menit wisatawan akan tiba di lokasi Kedung Bendo.

Harga Tiket Masuk Kedung Bendo Kulon Progo

Menikmati keindahan alam di Kedung Bendo, wisatawan akan dikenai harga tiket masuk Kedung Bedo sebesar Rp. 3.000 per orang. Selain itu, wisatawan juga akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Paket Tour Kedung Bendo

Untuk pilihan paket liburan ke jogja atau custom tour ke yogyakarta bisa ke nagantour yang melayani paket wisata, sewa mobil di jogja, sewa bus jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.